A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
- Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
- Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan
dampaknya terhadap kehidupan
1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada
masa pra-aksara di
|
2.
Memahami kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial
2.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
2.4 Menguraikan proses
interaksi sosial
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1 Mendeskripsikan manusia
sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3.2 Mengidentifikasi
tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
|
4.1 Menggunakan peta, atlas, dan
globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4.2
Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
4.3
Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
4.4
Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya
terhadap kehidupan
|
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa
Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa
|
|
6.
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
0 komentar:
Posting Komentar