A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi
tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami
perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang
untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis
terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan
bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis,
komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan
dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan
tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih
luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
- Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
- Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IX,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kondisi perkembangan negara di
dunia
|
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan
negara maju
1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk
pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan
politik di
|
2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
|
2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
3. Memahami perubahan sosial budaya
|
3.1 Mendeskripsikan
perubahan sosial-budaya pada masyarakat
3.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat
dalam menyikapi perubahan
|
4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional
|
4.1 Mendeskripsikan uang
dan lembaga keuangan
4.2 Mendeskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
|
Kelas IX,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami hubungan
manusia dengan bumi
|
5.1 Menginterpretasi
peta tentang bentuk dan pola muka bumi
5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur
geografis dan penduduk di kawasan Asia
Tenggara
5.3 Mendeskripsikan
pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
|
6. Memahami usaha mempertahankan Republik
|
6.1 Mendeskripsikan
perjuangan bangsa Indonesia merebut
Irian Barat
6.2 Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa
Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
|
7.1 Menjelaskan
berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
7.2 Menguraikan
perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam
kerjasama internasional
7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan
sosial-budaya di era global
7.4 Mendeskripsikan
kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
7.5 Mengidentifikasi
dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
|
0 komentar:
Posting Komentar